Rabu, 25 Maret 2020

Taman Klasik Asia Bahkan Telah Sampai Ke Amerika

Silakan gunakan alat berbagi yang ditemukan melalui tombol Share di bagian atas atau samping artikel. Menyalin artikel untuk dibagikan kepada orang lain merupakan pelanggaran terhadap FT.com T&Cs dan kebijakan hak cipta. Licensing@ft.com email untuk membeli hak tambahan. Pelanggan dapat berbagi hingga 10 atau 20 artikel per bulan menggunakan layanan artikel hadiah. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan.


Di tepi Chinatown yang ramai di Vancouver, terdapat sebuah lapangan tanpa descript yang dikelilingi oleh bangunan beton bertingkat rendah. Ini adalah tempat yang mudah untuk mengabaikan, namun itu rumah sesuatu yang luar biasa: sebuah patung perunggu yang tampak muram moustachioed pria duduk di sebuah alas di depan melingkar, cor gerbang bulan batu, selama berabad-abad yang mendefinisikan fitur kebun Cina.

Patung ini adalah Sun Yat-Sen, pemimpin nasionalis revolusi yang menggulingkan Dinasti Qing pada 1911. Ia masih dikenal sebagai ayah dari Tiongkok modern. Di atas bahu, melalui gerbang bulan, adalah sebuah taman sarjana Cina klasik diciptakan untuk menghormatinya.

Dibangun antara 1985 dan 1986, pada waktunya untuk Vancouver Expo, Taman utama dirancang oleh arsitek Wang zu-Xin, dengan dukungan dari Arsitektur Landscape perusahaan Suzhou di Cina. Suzhou adalah rumah bagi beberapa taman klasik Cina yang paling penting, dengan sejarah peregangan kembali ke Dinasti Song Utara (960-1127).

Jepang Tea Garden, San Francisco Alamy © John S Lander/LightRocket melalui Getty Images
Kebun Cina klasik dirancang untuk mewakili atau mencerminkan lanskap yang lebih besar dalam miniatur. Terlampir di dalam dinding yang biasanya dicat putih, pandangan dengan cermat dibikin melalui routing jalan setapak dan penempatan bebatuan dan tanaman. Sebuah keganjilan dari kebun Cina klasik adalah bahwa di luar negara asal mereka ada sangat sedikit catatan-membuat Dr Sun Yat-Sen Garden yang langka.

Hal yang sama dapat dikatakan dari kebun tradisional Jepang. Gaya Barat klasik desain Taman, bagaimanapun, telah berkembang biak di seluruh dunia dan dipertahankan dalam banyak kasus tingkat keaslian yang tinggi. Pengunjung dapat menikmati taman Romawi di California, berjalan-jalan melalui parterre Perancis di Washington DC atau mengunjungi sejumlah Taman Inggris naik tanpa meninggalkan Jepang.

Isolasi budaya komparatif adalah salah satu alasan mengapa kebun Jepang dan Cina telah melakukan perjalanan hanya nyenyak di seluruh dunia, dengan kedua negara di berbagai kali tertutup untuk dunia luar. Sementara itu, dari akhir tahun 1500-an dan seterusnya, gaya Taman Barat telah dicampur dan dikembangkan tanpa batas internasional.

Namun, bentangan pantai dari Northern California ke British Columbia adalah hotspot untuk Taman Oriental klasik berkualitas baik. Kehadiran populasi etnis Cina dan Jepang yang cukup besar telah membantu untuk menciptakan permintaan, tradisi dan keahlian yang diperlukan untuk menjaga mereka pergi. Seperti kasus di Vancouver-yang juga rumah yang sangat baik Nitobe Taman Jepang-dan San Fransisco, dengan terkenal Jepang Tea Garden, Taman publik tertua dari jenisnya di Amerika Utara. Iklim yang berlaku juga merupakan faktor, dengan curah hujan yang relatif tinggi dan suhu yang relatif jinak menggugat hijau, Lumut, semak dan pohon pinus yang merupakan fitur dari Taman ini.

Lihat Juga : Taman Mediterania di halaman rumah anda

Terlepas dari legiun pengantara yang mungkin bercita-cita untuk memiliki satu, Jepang dan Cina kebun sulit untuk meniru. Jake Hobson, seorang ahli pemangkasan yang perusahaan Niwaki mengkhususkan diri dalam berkebun Jepang, kerajinan dan alat rumah, menjelaskan: "Taman Oriental klasik dirancang untuk mencerminkan lanskap, sebuah mikrokosmos alam disempurnakan." Taman Zen atau karesansui, misalnya, terinspirasi oleh pemandangan pulau di laut. Batu ditempatkan untuk mewakili pulau atau pesisir singkapan, sementara hati dikendalikan menyapu kerikil menunjukkan laut.

"Anda dapat pergi ke pantai di Jepang dan melihat pandangan spesifik yang telah menginspirasi mereka," kata Hobson. "Setiap elemen kebun Jepang memiliki tempatnya dan merupakan saran tempat." Ini berarti tukang kebun Barat menghadapi proposisi yang menantang dalam mencoba untuk menciptakan sebuah Taman Zen, tidak pernah keberatan sebuah taman berjalan-jalan Imperial, di mana jalur sirkuit dirancang untuk berjalan searah jarum jam, dimana dengan cermat pandangan dibuat-buat terungkap.

"Ada bahaya yang mengerikan dari mengintai ke dalam Pastiches ketika mencoba untuk menciptakan sebuah taman Jepang atau Cina," kata Hobson. "Orang sering mengambil elemen yang paling mengesankan dari gaya yang berbeda dari kebun Oriental seolah-olah mereka browsing halaman dalam buku berkebun. Kemudian mereka menempel mereka bersama-sama dan semuanya tampak salah-karena setiap gaya adalah halaman individu dalam buku, dan tidak untuk digabungkan. "

Dari perspektif penanaman, Taman Cina klasik dan Jepang "semua terlihat sangat mirip", menggunakan palet terbatas tanaman dan gaya, kata Hobson. "Ini bukan tentang keragaman," tambahnya. "Taman tradisional Jepang tidak ' gardened ' dalam cara Taman Barat. Anda tidak mendapatkan pada lutut dan umbi tanaman setiap tahun. Perubahan terjadi lebih alami, jika ada perubahan sama sekali. "

Pemeliharaan adalah daerah lain di mana upaya untuk menciptakan Jepang dan Cina kebun dapat jatuh datar. Pemangkasan adalah intervensi konstan, seperti jalan menyapu dan penggaring kerikil. Tanpa berkomitmen dan perawatan penuh perhatian estetika halus yang mendefinisikan Taman ini dengan cepat hilang.

Pengaruh Taman klasik Suzhou terlihat di Taman Dr Sun Yat-Sen. Dari semua ini, The Humble administrator's Garden (di Zhou Zheng Yuan Cina) mungkin yang paling terkenal. Ini telah melalui 900 tahun evolusi, termasuk pada waktu dekat-kehancuran total. Tidak seperti Taman Kekaisaran yang luas seperti istana musim panas di Beijing, yang dirancang untuk memamerkan kekayaan dan kekuasaan Dinasti, kebun yang lebih kecil seperti The Humble Administrator's dimaksudkan sebagai sarana untuk melarikan diri reflektif dari dunia. Sekarang menjadi situs Warisan Dunia UNESCO, The 5,2 ha plot rumah paviliun, bergaleri trotoar, zigzag jalan setapak dan lanskap miniatur bergaya yang merupakan keunggulan dari Taman Cina klasik.

Banyak dari motif ini ditemukan di Dr Sun Yat-Sen Garden. Sebuah jalan berumroh memberikan pemandangan yang mengubah Taman tertutup, di tengah yang merupakan pulau berbatu yang dihiasi dengan sebuah paviliun dan dikelilingi oleh pepohonan. Dari Galeri, Anda dapat menikmati pemandangan melalui jendela yang menempel di taman lanskap luar.

Sun mengunjungi Vancouver tiga kali sementara penggalangan dana dan meningkatkan kesadaran gerakan nasionalis di antara komunitas Cina di sana, yang saat ini merupakan salah satu yang terbesar di Amerika Utara. Ketika rencana untuk Taman itu terungkap pada tahun 1980 banyak keluarga lokal membuat sumbangan.

Sekitar 500km Selatan di Portland, Oregon, penciptaan Portland Japanese Garden didorong oleh keinginan untuk menempa hubungan penyembuhan antara orang Amerika dan Jepang di belakang perang dunia kedua. Kemudian Walikota seperti yang di review oleh salah satu pengguna jasa taman bandung Terry Schrunk dan anggota komunitas Portland memilih situs kebun binatang tua di Washington Park untuk taman. Profesor Takuma Tono dari Universitas Pertanian Tokyo ditunjuk untuk mengambil Desain, yang saat ini terdiri dari lima gaya taman yang berbeda di atas sebuah situs 5,5-Acre.

Taman Portland memberikan pengunjung kesempatan yang tidak biasa untuk mengalami berbagai gaya taman Jepang klasik di satu tempat. The karesansui pasir dan batu taman adalah ruang kontemplatif dalam gaya Taman monastik dari akhir tahun 1300-an, sementara Taman Strolling Pond adalah contoh dari taman lanskap yang lebih besar populer di kalangan aristokrasi periode Edo (1603-1867). Berbagai gaya yang berbeda adalah keberangkatan dari klasik, gaya tunggal Taman Jepang, tetapi setiap elemen telah indah dieksekusi dan, krusial, ahli dipelihara.

Bagi siapa pun yang ingin mengalami klasik Cina dan Jepang taman di terbaik mereka tidak ada alternatif untuk kunjungan tangan pertama ke negara di mana semuanya dimulai, untuk menyerap bukan hanya Taman tapi budaya dan lanskap yang mengilhami mereka. Tetapi bagi mereka yang memiliki minat untuk melihat bagaimana gaya dapat menerjemahkan berhasil ke lanskap Barat, utara-barat pantai Amerika adalah tempat untuk pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar